Arsip Blog

14 Juni 2014

IMPRESI FOTO

adalah bentuk reaksi / kesan/ tanggapan yang timbul ketika seseorang menyaksikan karya fotografi. Bentuk impresi bisa bermacam-macam, dan sangat ditentukan oleh beberapa hal antara lain ; (1) citarasa / selera , (2) pemahaman terhadap karya seni , dan (3) pemahaman terhadap konten / pesan yang disampaikan lewat foto.


impresi fase satu

adalah reaksi spontan yang diterima ileh indera penglihatan. bentuk impresinya pun sangat sederhana yaitu "bagus atau tidak bagus". pada fase ini biasanya tidak mengakibatkan timbulnya sebuah perdebatan dan bersifat sangat subyektif.


impresi fase kedua


pada fase ini, para penikmat karya foto sudah mulai mencaritahu dengan menduga-duga maupun bertanya tentang karya tersebut.  umumnya bersifat sangat teknis seperti, "foto apa ? dimana lokasi pemotretannya ? bagaimana trik fotografinya ? dan lain sebagainya.

impresi fase ketiga


adalah fase pendalaman sebuah karya fotografi, impresi dilakukan secara mendalam, baik menyangkut teknis, maupun filosofi atau pesan yang disampaikan dalam karya foto tersebut.  foto yang dibuat oleh fotografer yang tidak hanya mendalami masalah teknis fotografi, namun juga memiliki banyak pengalaman maupun kekuatan pengetahuan akan materi yang disajikan dalam karyanya, maka akan mampu memberi kekuatan impresi pada fase ketiga ini.


selamat berkarya dan berbagi