Arsip Blog

9 Juni 2014


N Y A

adalah buku yang pernah saya buat pertama kali dalam format art photo book. isinya begitu sederhana, berupa karya fotografi tentang arsitektur bangunan Islam termegah di Kota Samarinda - Kalimantan Timur ; Islamic Center.

N Y A diambil dari sebuah kata akhiran yang bermakna empunya. penulisan dengan huruf besar dan terpisah adalah sebuah bentuk penegasan bahwa milik Allah swt lah sang empunya itu.


N Y A DALAM GURATAN ARSITEKTUR berusaha menangkap secara detil berbagai sudut dan ornamen bangunan lewat pandangan mata awam. foto-foto dibawah ini adalah bagian kecil dari karya itu.



sesaat setelah menyeberangi jembatan sungai Mahakam. aroma kemegahan itu menampakkan dirinya, memberikan keharmonisan nuansa ketika berpadu dengan lansekap tepian sungai Mahakam dengan keramaian pusat kota Samarinda di kejauhan.


dari sisi kiri bangunan Islamic Center yang menghadap kearah matahari tenggelam, adalah sudut terindah yang bisa saya tangkap.  nyala lampu senja hari yang terpendar dari genangan sungai mahakam adalah eksotis.



lebih mendekati sisi depan bangunan utama, kemegahan maha karya arsitektur Timur Tengah semakin ditampakkan. pendetilan-pendetilan ornamen dibuat dengan sangat indah.  Dalam bagian lain di buku ini, menguraikan secara detil berbagai motif kaligrafi seni yang tersebar pada seluruh bagian bangunan mulai pada bagian atap, dinding, ornamen, hingga lantai.




tak kalah menawan adalah pada sisi ruang peribadatan.  Paduan kubah raksasa, serta kemewahan yang dihadirkan oleh paduan warna batu alam, memberikan kesan kuat tentang sebuah penghargaan akan ketaatan jiwa.




dalam kurun waktu tiga hari, seluruh eksplorasi fotografi terselesaikan. hanya karya foto seni yang aku dapatkan.  Dan itu belumlah mampu menyentuh keseluruhan pemaknaan dari masing-masing guratan maha karya arsitektur Islamic Center, yang didesain sebagai persembahan untuk sang pemilik. N Y A



foto-foto r ekotjahjono
samarinda - Indonesia